KETAHANAN PANGAN

I Kadek Widiardana 23 Oktober 2024 10:17:27 WITA

SELASA 15 OKTOBER 2024

Pada hari Selasa, 15 Oktober 2024 Bertempat di Gedung Hita Gosana Bubunan, Pemerintah Desa bersama dengan PKK dan Kepala Dusun melaksanakan Rapat Sosialisasi  Program Ketahan Pangan " Pekarangan Pangan Lestari" Tahun Anggaran 2024.

Pada Kesempatan ini Bapak Gede Eka Sanjaya selaku Ketua Tim Program Ketahanan Pangan" Pekarangan Pangan Lestari " menyampaikan maksud dan tujuan diadakan kegiatan ini. Adapun maksud dari kegiatan ini adalah untuk memupuk kembali motto PKK yaitu HATINYA PKK ( Halaman Asri Tertata Indah dan NYAman) sebagai Komitmen membangun Ketahanan Pangan yang berkelanjutan di desa BUBUNAN, dengan tujuan untuk meningkatkan pemanfaatan lahan pekarangan rumah warga masyarakat,meningkatkan ketahanan pangan keluarga serta meningkatkan eksistensi serta solidaritas PKK  di desa Bubunan Khususnya PKK di Masing-masing Kelompok masyarakat desa.

Kegiatan ini akan dilombakan dan peserta lomba adalah PKK Kelompok se-Desa Bubunan, Pada dasarnya lomba ini adalah lomba menata halaman rumah agar terlihat rapi dan indah dengan tanaman sayur mayur serta yang lainnya guna menunjang Komitmen ketahan pangan keluarga dengan pemberdayaan keluarga dan warga PKK serta dapat menambah atau meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya. Semua sarana dan prasarana mulai dari Media Tanam,Pupuk dan Bibit diberikan oleh Panitia Lomba yaitu Pemerintah Desa dengan menggunakan dana anggaran Ketahanan Pangan tahun anggaran 2024.

Adapun teknis dari lomba ini adalah : a.) Menyiapkan 1 Rumah Contoh untuk menjadi Pusat Kegiatan dan Pusat penilaian dari Juri ( Penyiapan rumah contoh dan pemeliharaan serta perawatan tanaman dilakukan secara Gotong royong oleh seluruh peserta Lomba tiap Tim PKK kelompok). b.)Memberikan edukasi ke lingkungan kelompok sambil membagikan Bibit ( Semakin banyak warga kelompok yang ikut berpartisipasi dapat nilai plus nantinya dari dewan Juri). c.)Membuat Video sederhana di setiap kegiatan ( Dari proses awal gotong royong membuat media tanam,penanaman, tumbuh kembang tanaman). d.) Pada saat penilaian menyiapkan Minimal 3 orang untuk di wawancara oleh dewan Juri dengan indikator  Estetika ( keindahan,kerapian Halaman ),Partisipatif ( Kekompakan tim dan salidaritas), Kreatifitas ( Pemanfaatn Barang barang Bekas untuk media tanam dan lain lain) serta Output ( Tumbuh Kembang Tanaman ). Tim Juri terdiri dari Unsur Kecamatan dan dinas terkait guna mejaga netralitas dalam penilaian lomba ini.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Bubunan

tampilkan dalam peta lebih besar