Sosialisas Unit Usaha Pengelolaan Sampah dan Unit Usaha Jasa BUMDesa Artha Wiguna Hitha Gosana - Des

Operator SID Bubunan 19 April 2021 10:55:45 WITA

Bubunan, 19 April 2021

BUMDesa Artha Wiguna Hitha Gosana telah melaksanakan sosialisasi di 11 kelompok tempekan yang ada di Desa Bubunan dari tanggal 27 Maret 2021 s/d tanggal 10 April 2021 di masing-masing balai kelompok.

Sosilasi BUMDesa ini menghadirkan Bapak Bagus Made Suwija selaku Direktur Bank Sampah Induk Buleleng, di samping itu juga menghadirkan Perbekel Bubunan, Sekretaris Desa, Kepala Dusun, Kepala Kelompok, dan Direktur Bank Sampah Bubunan Indah. Kegiatan ini dilakukan untuk mempromosikan BUMDesa Artha Wiguna Hitha Gosana Desa Bubunan yang sudah berdiri sejak tanggal 16 November 2020. Di samping itu juga, BUMDesa mempromosikan unit usaha yang dikelolanya berupa Unit Usaha Pengelolaan Sampah dan Unit Usaha Jasa. Penyertaan modal yang diterima oleh BUMDesa senilai Rp. 25.000.000,- yang sudah diserah terimakan pada bulan Februari 2021. Berdasarkan penyertaan modal tersebut, BUMDesa menganggarkan dimasing-masing unit senilai Rp. 8.750.000,- per tahun, sedangkan Rp. 7.500.000,- digunakan untuk modal kerja selama satu tahun.

Kita ketahui bersama bahwa masalah sampah memang sudah menjadi polemik di masyarakat kita, bukan hanya itu, bahkan sudah menjadi polemik nusantara. Oleh karena itu, dengan adanya BUMDesa mudah-mudahan bisa menyelesaikan permasalahan tersebut. Memang bukan hal yang mudah bagi BUMDesa, namun perlu adanya dukungan dan kesadaran dari masyarakat untuk sadar dan peduli dengan sampah yang dihasilkannya. Dengan adanya sosialisasi ini serta menghadirkan beberapa elemen yang berkepentingan dengan peduli sampah, diharapkan masyarakat sudah mulai sadar. Di dalam unit usaha yang dijalankan BUMDesa, di bawah unit pengelolaan sampah, ada dua lembaga yaitu Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Pengelolaan Sampah dan BANK Sampah Bubunan Indah. Sistem kerjanya, nantinya KSM akan mengangkut sampah organik yang tidak dikelola oleh masyarakat dan residunya. Di dalam pengangkutan KSM ini, BUMDesa melayani dengan masyarakat siap untuk menjadi anggota KSM dan dikenakan iuran sesuai dengan kelas sampahnya. Melainkan dengan BANK Sampah, nantinya masyarakat akan menabungkan sampah anorganiknya yang memiliki nilai ekonomi. BANK Sampah ini, diharapkan bisa mengurangi timbulan sampah yang ada di TPS. Kedua lembaga ini juga akan ditertibkan dalam administrasinya, nantinya masing-masing anggota mendapatkan kartu anggota, maupun buku tabungan untuk BANK Sampah.

Selanjutnya untuk unit usaha jasa, BUMDesa Artha Wiguna Hitha Gosana sudah bekerja sama dengan BRI untuk melakukan pembayaran secara daring, di samping itu juga sudah bekerja sama dengan Badilan Singaraja untuk menerima pembelian HP.

Tujuan utama dari sosialisasi ini selain untuk promosi BUMDEsa juga ingin menyadarkan masyarakat terhadap peduli dengan sampah yang sudah dibuatnya. Karena, berdasarkan dengan Pergub Nomor 47 Tahun 2019 tentang Pengolahan Sampah Berbasis Sumber, seluruh desa yang ada di Provinsi Bali agar mampu untuk mengolah sampah di desanya. Dapat disimpulkan bahwa, sampahmu merupakan tanggung jawabmu.

Di dalam sosialisasi ini, Perbekel Bubunan juga menyampaikan program kerja yang sudah dikerjakan maupun yang akan dikerjakan, dan dari Sekretaris Desa juga menyampaikan anggaran yang diterima dan kegunaan dari anggaran tersebut.

Komentar atas Sosialisas Unit Usaha Pengelolaan Sampah dan Unit Usaha Jasa BUMDesa Artha Wiguna Hitha Gosana - Des

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Bubunan

tampilkan dalam peta lebih besar